6 Cara Memperbanyak ASI Tanpa Harus Konsumsi Zat Kimia Berbahaya

Ketika seorang wanita sah menjadi seorang ibu dengan memiliki bayi memang hal yang sangat dinanti-nanti oleh semua wanita yang ada di seluruh dunia. Saat momen bahagia tersebut tiba, namun sang ternyata dicoba atau diuji kesabarannya dengan ada beberapa wanita yang tidak memiliki atau produksi ASInya tidaklancar di saat sang buah hati harus mendapatkan asupan tersebut.

ASI memang menjadi makanan pokok juga satu-satunya yang boleh dikonsumsi oleh sang bayi. Istilah yang sering juga dikenal dengan air susu ibu ini memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat sehingga tidak ada tandingannya dengan susu formula atau obat olahan lain. Jangan memberi makanan ringan khusus bayi lainnya, untuk air mineral saja sang bayi belum boleh meminum.

Hal ini akhirnya menjadi masalah bagi beberapa ibu yang tidak mampu memproduksi ASI dalam jumlah yang dibutuhkan atau bahkan ada yang tidak sedikitpun keluar. Efek yang dirasa bukanlah oleh sang ibu, melainkan pada sang bay itu sendiri.

Usia wajib untuk sang bayi mendapatkan asupan ASI ialah berkisar 0-6 bulan atau bahkan ada yang lebih tergantung pada sang ibu itu sendiri. Sehingga kegiatan ini disebut juga dengan proses ASI eksklusif yang bermakna ASI lah satu-satunya makanan yang bisa dikonsumsi oleh bayi Anda. Ternyata pada ASI terdapat banyak sekali nutrisi dan zat gizi yang bisa dirasakan manfaatnya oleh sang bayi dan juga sang ibu.

Pada sebagian bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI, ternyata saat mereka diberikan susu formula ada sebagian pencernaan bayi yang tidak cocok sehingga berdampak bayi tersebut mengalami diare hingga penyakit perut lainnya. Hal ini dikarenakan gizi yang didapatkan dari susu formula tidaklah selengkap dari ASI.

Dan ASI sudah pasti bisa dicerna oleh setiap bayi karena berasal langsung dari payudara sang ibu. Tidak ada bayi yang menderita penyakit saat minum ASI, melainkan mendapatkan tubuh yang lebih sehat, anti bodinya cukup kuat dan juga memperoleh sel darah putih. Manfaat lainnya juga membuktikan bahwa bayi yanghanya mendapatkan asupan ASI, mereka lebih terbebas dari infeksi dan juga virus yang menyerang.

Perbedaan reaksi tubuh pada setiap bayi ini membuktikan bahwa bukan susu formula itu memiliki kandungan yang tidak baik, akan tetapi susu yang diolah dengan resep yang tidak sama dengan ASI ini membuat pencernaan sang bayi menjadi terkejut saat diminum. Suatu sumber ada yang memberitahukan bahwa memangtidak baik jika sang bayi diberi makanan dan minuman lain selain ASI saat usia mereka masih dalam fase yang seharusnya wajib hanya mendapatkan asupan ASIsaja.

Permasalahannya memang seringkali dikarenakan sang ibu merasa putus asa dan tidak mencari suatu cara atau alternatif agar ASI bisa diproduksi dan keluar. Karena ada seorang ibu yang setelah mencoba berbagai cara untuk memperbanyak ASI selama 1 bulan penuh baru memperoleh ASI yang melimpah.

Hal ini bisa jadi dikarenakan payudara Anda yang tersumbat dan harus dikeluarkan secara paksa bisa dengan cara dipijat. Sebelum terlambat, sudah waktunya Anda mengetahui dan mempelajari apa saja kiat agar ASI yang diproduksi dari payudara Anda menjadi banyak serta bagaimana sebenarnya ASI bekerja.

Jika biasanya jarak waktu sang bayi harus disusui selama 2-3 jam, setelah dua kali pemberian ASI mungkin saja payudara Anda akan kosong setelahnya. Hal seperti ini juga harus Anda was-was agar tidak terjadi, intinya sebisa mungkin Anda mencoba menyusui tanpa harus Anda menangis dikarenakan tidak mendapatkan asupan saat ia haus. Apabila Anda sudah mengatur kapan saat menyusui, dilanjutkan dengan pompa ASI, dan selanjutnya istiharat maka tubuh Anda akan beradaptasi secara perlahan.

6 Cara Memperbanyak ASI Tanpa Harus Minum Obat

Ketahui cara agar bayi bisa mendapatkan stimulasi mengisap puting

Sebagian bayi memang tidak mampu mengosongkan payudara sang ibu yang disebabkan oleh berbagai macam alasan dan penyebab. Ada yangdikarenakan sang bayi mengantuk, atau bisa jadi karena bayi kuning. Sehingga diperlukan cara yang khusus agar sang bayi bisa menstimulasikan puting payudara sang ibu dengan baik.

Jika seorang bayi harus menjalani perawatan setelah lahiran, biasanya jadwal untuk menyusui pun akan semakin terbatas. Karena payudara jarang di hisap oleh sang bayi juga bisa menyebabkan ASI yang tertahan yang lama kelamaan akan semakin sulit untuk keluar padahal produksinya sudah banyak.

Maksimal waktu libur Anda di kantor untuk program ASI eksklusif

Kontak langsung dengan sang bayi dan juga mendapatkan sentuhan tanpa penghalang ternyata mampu meningkatkan tingkat produksi ASI. Maka dari itu, jika sang ibu sudah mulai bekerja dan jarang bertemu dengan sang bayinya, maka proses produksi ASI dipercaya tidak lagi banyak. Saat sang ibu sudah memutuskan untuk mulai bekerja, maka beban dari kantor dan pekerjaannya pun akan terbawa yang juga bisa berdampak pada tingkat stress nantinya.

Hindari konsumsi pil KB

Beberapa saat setelah melahirkan atau baru beberapa bulan menyusui, ada sang ibu yang mengikuti anjuran dokter atau bidannya dengan tetap mengkonsumsi pil KB nya. Beberapa pendapat membuktikan bahwa saat sang ibu mengkonsumsi pil KB akan berpengaruh terhadap kadar hormon yangdisebabkan oleh kandungan progesterogen dan estrogen yang akan berpengaruh terhadap pasokan ASI.

Mencoba konsumsi suplemen yang aman

Maksud dari suplemen untuk memperbanyak ASI bukanlah suplemen berbahaya seperti obat-obatan dan jenis lainnya, melainkan suplemen khusus yangmemang diracik untuk para ibu menyusui yang juga sudah disesuaikan dengan tingkat keamanannya. Biasanya suplemen itu berisi kandungan zat gizi dan nutrisi baik dan aman.

Konsumsi ikan salmon

Untuk mencari makanan yang sempurna agar bisa memperbanyak ASI memang hampir tidak ada, akan tetapi asupan yang Anda dapatkan dari ikan salmon ini dipercaya mampu memberikan khasiat yang baik dan sudah dicoba oleh banyak ibu menyusui. Ikan salmon ini mengandung lemak baik dan kaya akan DHA yang sangat bagus terhadap perkembangan otak anak Anda agar menjadi pintar. Selain itu, DHA juga sangat baik itu perkembangan sistem saraf bayi dan membantu memperbaiki mood jahat pada sang ibu serta mengurangi risiko babyblues.

Konsumsi telur, sayur-sayuran, dan roti gandum

Apabila Anda rutin konsumsi buah, sayur, bahkan telur dan gandum maka dapat dipastikan asupan ASI Anda akan sangat deras dan tidak akan habis. Namun untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan, Anda harus rutin dan konsisten dalam konsumsi makanan sehat tersebut. Terlebih lagi buahyang terdapat kandungan air yang banyak seperti pir, semangka, dan melon dapat menjadi cara memperbanyak asi.

Meski Anda sudah memahami teori dengan baik, hasil dari pengaplikasian cara memperbanyak ASI akan percuma saja jika Anda tidak konsisten dan teratur dalam konsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *