3 Karakteristik Pola Berpikir Yang Produktif

pola-pikir

Kamu sibuk. Anda memiliki begitu banyak hal untuk dilakukan untuk pekerjaan Anda dan kehidupan Anda. Anda menghabiskan sepanjang hari “melakukan” hal-hal dan berlarian. Lalu tiba-tiba itu 06:00 dan Anda segera menyelesaikan hari. Dan Anda berpikir kembali dan menyadari bahwa Anda hanya menyelesaikan 2 hal saja di hari itu. Bagaimana itu bisa terjadi? Anda memiliki setidaknya 10 tugas yang berbeda untuk menyelesaikan namun entah bagaimana tidak satupun dari mereka yang bisa selesai dari daftar Anda.

Saya menduga Anda pernah mengalami ini sebelumnya, mungkin lebih sering dari yang Anda ingin akui. Anda merasa seperti Anda sedang “bekerja” sepanjang waktu, tetapi Anda tidak pernah benar-benar mendapatkan apa-apa dilakukan. Itu bukan karena Anda adalah orang yang malas atau tidak ingin mencapai tujuan Anda. Ini semua karena pola pikir Anda.

Pola pikir Anda adalah segalanya. Ini adalah dasar untuk setiap keberhasilan dan prestasi dalam hidup Anda. Yang Anda butuhkan adalah untuk mengembangkan pola pikir yang benar. Dan jika Anda ingin mencapai tujuan tersebut, perlu menjadi pola pikir produktivitas.

Apa yang dimaksud dengan pola pikir produktivitas? Banyak orang berpikir mereka memiliki pola pikir produktif atau bahwa mereka menjadi produktif tapi benar-benar mereka hanya menjadi sibuk. Mereka tidak benar-benar produktif menyelesaikan tugas dan menyelesaikan proyek. Memiliki pola pikir produktivitas berarti bahwa Anda jelas dan fokus pada tujuan Anda dan menggunakan semua sumber daya pribadi Anda untuk mencapai tujuan tersebut dengan cara yang terorganisasi.

Jadi apa karakteristik dari pola pikir produktivitas? Berikut adalah aspek pola pikir produktivitas yang Anda butuhkan untuk sukses.

1. Motivasi

Kita semua tahu bahwa motivasi merupakan faktor kunci dalam bekerja menuju tujuan kita. Kita perlu memiliki sesuatu yang menarik kita untuk mencapai keberhasilan kita inginkan dalam hidup. Dan meskipun motivasi dapat menjadi hal yang berubah-ubah, itu benar-benar penting dalam langkah pertama dari pola pikir produktivitas.

Jika Anda tidak termotivasi untuk mencapai hal-hal dan menandai item dari daftar to-do Anda, maka akan menjadi cukup sulit untuk menjadi produktif. Banyak penelitian telah dilakukan pada hubungan antara motivasi dan prestasi. Kita tahu bahwa apa pun yang Anda bercita-cita untuk melakukannya, dan didukung oleh beberapa  motivasi untuk menyelesaikannya.

Mengatur pola pikir produktivitas Anda dengan membentuk motivasi yang jelas. Apa faktor motivasi, intrinsik atau ekstrinsik, yang mendorong Anda untuk sukses? Tahan motivasi ini di garis depan pikiran Anda dan gunakan untuk membantu Anda produktif melewati hari Anda.

2. Ketekunan

Meskipun motivasi adalah bagian besar dari apa yang mendapatkan ini Anda mulai bekerja menuju tujuan Anda, Anda juga perlu memiliki kegigihan untuk terus, bahkan ketika hal sedang sangat sulit.

Kadang-kadang motivasi Anda tidak akan cukup kuat untuk menarik Anda melalui masa sulit, terutama ketika Anda merasa seperti Anda tidak membuat kemajuan. Menjadi gigih dan tidak pernah menyerah adalah penting untuk keberhasilan jangka panjang. Karena bisa dipastikan bahwa Anda akan memiliki perjuangan dan Anda akan memiliki hambatan untuk diatasi dalam mencapai tujuan Anda.

Ketekunan adalah faktor kunci dalam mengatasi apa pun. Hanya terus berjalan dengan susah payah maju tidak akan bisa bertahan lama, bahkan jika itu hanya dengan jumlah kecil setiap hari. Memiliki sikap mental ini akan memperkuat tekad Anda dan membantu Anda untuk menjadi lebih produktif.

3. Visi

Dalam rangka untuk bergerak menuju tujuan kita, kita perlu memiliki visi yang jelas tentang apa tujuan mereka adalah. Jika kita tidak tahu di mana kita akan pergi, bagaimana kita bisa membuat rencana untuk sampai ke sana?

Selalu memegang gambaran mental dari visi kehidupan yang Anda ciptakan sendiri. visi yang akan memandu Anda dan membantu Anda menjadi lebih produktif sepanjang hari Anda. Sebuah cara yang bagus untuk tetap selaras dengan visi Anda adalah dengan menggunakan visualisasi. Ini adalah teknik yang sangat menguntungkan bahwa atlet dan artis top gunakan untuk mencapai tujuan mereka.

Kekuatan visualisasi telah terbukti untuk membantu Anda mengambil tindakan yang lebih dalam hidup Anda dan memiliki motivasi lebih untuk mencapai tujuan Anda. Visi yang jelas adalah mutlak harus jika Anda ingin menjadi produktif. Selalu jagalah visi yang kuat dan memungkinkan untuk membantu Anda membimbing tindakan Anda.

Coba deh Todoist, satu aplikasi Windows to do list untuk membantu Anda.

Dan yang paling penting, jangan hanya serius melulu, namun selilingi kehidupan Anda dengan humor dan hal-hal yang lucu.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Monadnock Ledger – Berita Terkini 2017